Bachelor of Elementary School Teacher Education

Kegiatan Riset dan pengabdian RG Inovasi Kompetensi Guru SD (IKGSD) di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Thailand Tahun 2024

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang dosen dalam melaksanakan aktivitas akademisnya. Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari tiga pilar utama yakni Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian. Oleh karena itu Grup Riset Inovasi Kompetensi Guru Sekolah Dasar ( RG IKGSD) yang beranggotakan Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si, Dr. Matsuri, M.Pd., Dr. Fadhil Purnama Adi, SH.,MH, Dr. Chumdari, M.Pd., Dr (c) Roy Ardiansyah, S.Pd., M.Pd., Dr (c) Dwi Yuniasih Saputri, S.Pd.,M.Pd melakukan riset dan kegiatan pengabdian berkerja sama dengan Sekolah Indonesia Bangkok di Negara Thailand.

Kegiatan Pengabdian yang dilakukan berupa kegiatan workshop pelatihan mengenai integrasi permainan tradisional ke dalam pembelajaran supaya dapat tercipta pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Kegiatan yang dilakukan tidak hanya sosialisasi integrasi permainan tradisional kepada Bapak Ibu Guru tetapi juga dilakukan implementasi praktik baik yang dicontohkan oleh tim pengabdian dengan mempraktikan langsung integrasi permainan tradisional kepada peserta didik sekolah dasar di Sekolah Indonesia Bangkok pada tanggal 19 Juli 2024 pukul 09 sampai dengan 11.30 waktu bangkok.

Dalam kegiatan yang dilakukan terdapat beberapa permainan yang dipraktikan yakni seperti permainan sudamanda, permainan congklak, permaian ular tangga, dan permainan cublak-cublak suweng. Antusiasme peserta didik sangat terlihat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan integrasi permainan tradisional sangat terlihat. Respon Guru dan Kepala Sekolah juga sangat baik dengan adanya pengenalan integrasi permainan tradisional ke dalam pembelajaran.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini di dasarkan pada pembelajaran yang berlandaskan pada nilai nilai humanisme, sehingga pembelajaran akan nampak lebih menyenangkan dan tentunya berkesan serta bermakna bagi peserta didik . Pengurangan tekanan dalam pembelajaran dengan adanya permainan yang diintegrasikan adalah sebuah konsep baru yang bisa dijadikan solusi yang dikenal dengan konsep Gamifikasi

Bangkok 19 Juli 2024

RG IKGSD