Profil Lulusan dan Hasil Pembelajaran Lulusan
Profil Lulusan
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar jenjang S1 diarahkan untuk menghasilkan lulusan kependidikan yang memiliki kemampuan sebagai berikut:
- Pendidik di tingkat sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang berbasis keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memiliki sikap pendidik yang baik dan bertanggung jawab.
- Peneliti Pemula/Asisten Peneliti yang mampu memecahkan masalah pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.
- Wirausaha Pendidikan yang mampu mengembangkan produk dan jasa pendidikan dalam skala mikro dan menengah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang mencakup aspek Sikap, Pengetahuan, Ketrampilan Umum, dan Ketrampilan Khusus dirumuskan sebagai berikut:
Aspek | Capaian Pembelajaran | |
---|---|---|
Sikap (S) | 1. | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
2. | Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. | |
3. | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. | |
4. | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | |
5. | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. | |
6. | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | |
7. | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | |
8. | Menginternalisasi semangat kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan | |
Pengetahuan | 1. | Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar. |
2. | Menguasai konsep karakteristik perkembangan siswa di sekolah dasar. | |
3. | Menguasai pengetahuan di bidang studi di sekolah dasar termasuk Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PGSD, SBdP, dan PJOK. |
|
4. | Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar. | |
5. | Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar. | |
6. | Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat merumuskan pemecahan masalah pendidikan di sekolah dasar. | |
7. | Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar. | |
8. | Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan kearifan lokal | |
Keterampilan Umum (KU) | 1. | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahliannya (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Kewarganegaraan) |
2. | Mampu menunjukkan kinerja yang independen, berkualitas, dan terukur. | |
3. | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. | |
4. | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | |
5. | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. | |
6. | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan atasan, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. | |
7. | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. | |
8. | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan | |
9. | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan memulihkan data untuk memastikan validitas dan mencegah plagiarisme. | |
Keahlian Khusus (KK) | 1. | Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. |
2. | Mampu mengaplikasikan konsep karakteristik perkembangan peserta didik melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. | |
3. | Mampu mengaplikasikan pengetahuan dalam bidang studi di sekolah dasar yang meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. | |
4. | Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. | |
5. | Mampu merancang, melaksanakan, menganalisis, dan menindaklanjuti evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar. | |
6. | Mampu merancang dan melaksanakan penelitian di bidang pendidikan dasar secara ilmiah serta melaporkan dan mempublikasikannya | |
7. | Mampu mengaplikasikan layanan bimbingan konseling di sekolah dasar. | |
8. | Mampu memecahkan masalah dalam bidang Pendidikan Dasar (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP dan PJOK) dengan menerapkan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal. | |
Sikap (S) | |
1. | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
2. | Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. |
3. | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
4. | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
5. | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
6. | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
7. | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
8. | Menginternalisasi semangat kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan | |
1. | Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar. |
2. | Menguasai konsep karakteristik perkembangan siswa di sekolah dasar. |
3. | Menguasai pengetahuan di bidang studi di sekolah dasar termasuk Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PGSD, SBdP, dan PJOK. |
4. | Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar. |
5. | Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar. |
6. | Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat merumuskan pemecahan masalah pendidikan di sekolah dasar. |
7. | Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar. |
8. | Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan kearifan lokal |
Keterampilan Umum (KU) | |
1. | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahliannya (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Kewarganegaraan) |
2. | Mampu menunjukkan kinerja yang independen, berkualitas, dan terukur. |
3. | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
4. | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
5. | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
6. | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan atasan, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
7. | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. |
8. | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan |
9. | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan memulihkan data untuk memastikan validitas dan mencegah plagiarisme. |
Keahlian Khusus (KK) | |
1. | Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. |
2. | Mampu mengaplikasikan konsep karakteristik perkembangan peserta didik melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. |
3. | Mampu mengaplikasikan pengetahuan dalam bidang studi di sekolah dasar yang meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. |
4. | Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. |
5. | Mampu merancang, melaksanakan, menganalisis, dan menindaklanjuti evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar. |
6. | Mampu merancang dan melaksanakan penelitian di bidang pendidikan dasar secara ilmiah serta melaporkan dan mempublikasikannya |
7. | Mampu mengaplikasikan layanan bimbingan konseling di sekolah dasar. |
8. | Mampu memecahkan masalah dalam bidang Pendidikan Dasar (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP dan PJOK) dengan menerapkan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal. |