Profil lengkap pendidikan guru sekolah dasar
Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
Akreditasi A
Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional
Nomor 9589/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VII/2021
Visi
To become a Center for the Development of Science, Technology and the Arts in the Field of Teacher Training and Elementary School Education Based on the Noble Values of Local and National Culture.
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan yang inovatif dan bermutu sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan dan mengelola pendidikan sekolah dasar yang mampu bersaing di tingkat global.
- Melakukan penelitian untuk menghasilkan inovasi dan temuan baru di bidang pengajaran dan pendidikan sekolah dasar.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keguruan dan pendidikan sekolah dasar.
- Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam lingkup nasional dan internasional.
A. HISTORY OF STUDY PROGRAM
The Strata-1 PGSD study program was inaugurated on 5 July 2002 based on the Decree of the Minister of Education and Culture regarding the establishment of the Strata-1 PGSD Study Program Number: 400.b/Dikti/Kep/1992. The implementation of the PGSD FKIP UNS Study Program began in August 2006. The Decree on the Operational Permit of the study program number 564/D/T2007 was dated March 20, 2007. The PGSD FKIP UNS program in 1990 had the D2 level, along with the times, educational institutions were required to graduate students who are able to master the latest science and technology, have the skills needed to work in the globalization era and are ready to face competition. Elementary school education level needs serious attention, because elementary school education is the foundation that will greatly affect the quality of education at the next level. For this reason, the government is trying to organize it in order to anticipate improving the quality of education in elementary schools. Although the improvement of elementary school teachers can be sought from many aspects, there are indications that in order for elementary school teachers to be better able to understand elementary school children and have a broad perspective, elementary school teachers need to improve their quality to the strata 1 level. that the teacher’s position is a functional position. To cope with various future developments, the FKIP UNS PGSD study program feels the need to improve the implementation of education from only holding the D2 level PGSD study program, to starting the S1 level PGSD study program. Based on the decision letter of the National Accreditation Board Number: 9589/Ban-PT/Ak-PPJ/S/VII/2021, the PGSD Study Program received accreditation “A”. It is hoped that with the accreditation of the PGSD Study Program, it can improve the quality and professionalism of prospective elementary school teachers.
B. STUDY PROGRAM ORIENTATION
Berdasarkan Standar Kompetensi Guru Kelas (SKGK) SD lulusan S1 PGSD harus memiliki empat kompetensi, yaitu: (1) Penguasaan bidang studi, (2) Pemahaman terhadap peserta didik, (3) Penguasaan pembelajaran yang mendidik, dan (4) Pengembangan kepribadian dan keprofesionalan. Kompetensi-kompetensi di atas dapat disejajarkan dengan: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Berdasarkan visi, misi, dan tujuan Program Studi PGSD FKIP UNS, maka kurikulum PGSD menekankan pada lulusan yang profesional yang berkarakter kuat dan cerdas dengan memiliki:
- Kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.
- Motivasi dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan dalam proses pembelajaran.
- Keberanian dalam menyampaikan pendapat dan ide yang kreatif dan inovatif baik di dalam maupun di luar perkuliahan.
- Kemampuan untuk mengatur proses pembelajaran yang berkualitas dan produktif.
- Kemampuan untuk menyediakan layanan pendidikan yang dapat memenuhi kepuasan mahasiswa.
- Kemampuan untuk mengakses informasi pembelajaran demi tercapainya proses pembelajaran yang inovatif.
C. STUDY PROGRAM ADVANTAGES
Keunggulan Program Studi PGSD FKIP UNS adalah mampu secara mandiri mengembangkan potensi kearifan lokal ke tingkat nasional dan internasional. Untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, diberikan mata kuliah pilihan untuk menunjang tugas daerah. Mata kuliah ini bebas dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minat dan bakatnya di antara mata kuliah pilihan yaitu Kebudayaan Jawa (2 sks), Ketrampilan Musik (2 sks), Ketrampilan Membatik (2 sks), Seni Tari (2 sks), dan Seni musik (2 sks). Keunggulan lain yang dimiliki Program Studi PGSD FKIP UNS adalah layanan kepada mahasiswa berupa bimbingan dan konseling, pengembangan minat dan bakat (ekstrakurikuler) berupa Pramuka, Bola Voli, Seni Musik, pembinaan softskill, bantuan beasiswa, dan unit layanan kesehatan (balai pengobatan). Untuk meningkatkan kemampuan mengajar PGSD FKIP UNS menjalin kerjasama dengan lembaga mitra, yang dituangkan dalam bentuk Mou (memorandum of Understanding). Hingga saat ini, PGSD telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 35 sekolah dasar di Surakarta dan sekitarnya. Sebagai hasil dari pengembangan minat dan bakat mahasiswa, diperlukan hasil berupa presentasi mahasiswa pada beberapa lomba tingkat daerah dan regional.
D. GRADUATE PROSPECTS
Untuk melacak keterserapan dan daya serap alumni program studi PGSD, digunakan tracer study melalui legalisir online dan pertemuan rutin dengan alumni. Berdasarkan kuesioner hasil kinerja 100 lulusan PGSD FKIP UNS, 84% pengguna menyatakan bahwa lulusan PGSD baik. Sedangkan berdasarkan hasil tracer study, 100% lulusan PGSD bekerja sebagai guru baik di sekolah dasar negeri maupun swasta.
Untuk keperluan auditor mutu internal (AMI), kami mohon kesediaan Bapak/Ibu dosen, mahasiswa, alumni dan karyawan untuk mengisi tautan pemahaman visi dan misi Program Studi PGSD sebagai berikut:
Link Pemahaman Visi dan Misi Prodi PGSD
Terima kasih atas partisipasi Anda