Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kuliah Pakar PGSD UNS: Membangun Manajemen Sekolah yang Efektif dengan Wawasan dari Pendidikan Tinggi

Surakarta, 5 September 2021 – Untuk memperkaya wawasan mahasiswa mengenai manajemen sekolah yang efektif, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sebelas Maret (UNS) sukses menyelenggarakan kuliah pakar bertajuk “Effective School Management: Insights from Higher Education Practices” pada 4 September 2021.

Acara yang diselenggarakan secara hybrid melalui Zoom Meeting ini dihadiri oleh 185 peserta, yang terdiri dari mahasiswa PGSD, dosen pengampu mata kuliah Manajemen Sekolah, serta beberapa tamu undangan dari institusi pendidikan lainnya. Kuliah pakar ini menghadirkan Prof. Dr. Hamdan bin Said dari Universiti Teknologi Malaysia, seorang pakar di bidang manajemen pendidikan tinggi, yang berbagi wawasan tentang bagaimana prinsip-prinsip manajemen dalam pendidikan tinggi dapat diterapkan di sekolah dasar.

Mengoptimalkan Manajemen Sekolah dengan Prinsip Pendidikan Tinggi

Dalam sesi kuliah pakar ini, Prof. Dr. Hamdan bin Said membahas berbagai aspek fundamental dalam manajemen sekolah yang efektif, di antaranya:

  • Prinsip Dasar Manajemen Sekolah – Perumusan visi, misi, dan nilai-nilai yang menjadi dasar keberhasilan institusi pendidikan.
  • Kepemimpinan dalam Manajemen Sekolah – Pentingnya kepemimpinan transformatif dalam membangun budaya sekolah yang kondusif untuk pembelajaran.
  • Pengelolaan Sumber Daya Sekolah – Strategi dalam mengelola sumber daya manusia, finansial, dan fasilitas sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  • Studi Kasus Manajemen Pendidikan Tinggi – Pembelajaran dari praktik terbaik dalam pengelolaan universitas yang dapat diterapkan di sekolah dasar, seperti peningkatan efisiensi manajemen dan kolaborasi dengan masyarakat.

Manfaat Kegiatan dan Antusiasme Mahasiswa

Mahasiswa yang mengikuti kuliah pakar ini sangat antusias, dengan banyaknya diskusi dan pertanyaan yang diajukan terkait tantangan dalam pengelolaan sekolah dasar. Beberapa manfaat utama yang dirasakan peserta antara lain:
Pemahaman lebih dalam tentang prinsip-prinsip manajemen sekolah, khususnya dalam konteks pengelolaan berbasis visi dan misi institusi.
Keterampilan praktis dalam menyusun rencana kerja sekolah, yang sangat relevan dengan tugas akademik mahasiswa.
Inspirasi dari praktik pendidikan tinggi, yang dapat diadaptasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan sekolah dasar.
Diskusi interaktif, yang memberikan solusi aplikatif atas tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam memahami manajemen sekolah.

Salah satu mahasiswa peserta, Subagya Santosa, mengungkapkan, “Kuliah ini sangat membuka wawasan saya tentang bagaimana sekolah dasar bisa dikelola secara lebih profesional. Banyak strategi dari manajemen pendidikan tinggi yang ternyata bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas sekolah dasar,” ujarnya.

Harapan untuk Kegiatan Serupa

Kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat dalam memperkaya pemahaman mahasiswa PGSD UNS mengenai praktik terbaik dalam manajemen sekolah. Ke depan, diharapkan kuliah pakar serupa dapat diadakan secara rutin, dengan tambahan sesi lokakarya atau simulasi pengelolaan sekolah.

Selain itu, melibatkan narasumber dari berbagai jenjang pendidikan juga dapat memberikan wawasan lebih luas mengenai strategi manajemen pendidikan yang inovatif. Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa PGSD UNS diharapkan semakin siap menjadi pemimpin pendidikan yang inovatif, kompeten, dan siap menghadapi tantangan dunia pendidikan masa depan.