Profil Lengkap PGSD

PROFIL PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

 

Akreditasi B

Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional

Nomor 013/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011

 

Alamat Kampus: Jalan Slamet Riyadi No. 449 Surakarta

Web site            : pgsd.fkip.uns.ac.id

 

A.     SEJARAH PROGRAM STUDI

Program studi PGSD berjenjang Stara-1 diresmikan pada tanggal 5 juli 2002 berdasarkan Surat Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan tentang pendiriaan Program Studi PGSD jenjang Strata-1 Nomor: 400.b/Dikti/Kep/1992. Penyelenggaraan Program Studi PGSD FKIP UNS dimulai bulan Agustus 2006. Surat Keputusan Izin Oprasional program studi nomor 564/D/T2007 tertangal 20 Maret 2007. Program PGSD FKIP UNS ini pada tahun 1990 berjenjang D2, seiring dengan perkembangan zaman, lembaga pendidikan dituntut meluluskan peserta didik yang mampu menguasai ilmu dan teknologi mutahir, memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam era gobalisai dan siap menghadapi persaingan. Jenjang pendidikan sekolah dasar perlu mendapat perhatian secara serius, karena pendidikan di SD merupakan landasan yang akan sangat berpengaruh pada mutu pendidikan pada jenjang berikutnya. Untuk itu pemerintah berupaya menata dalam rangka mengantisipasi peningkatan mutu pendidikan di SD. Walaupun peningkatan guru SD dapat di upayakan dari banyak aspek, tetapi ada indikasi bahwa agar guru SD lebih mampu memahami anak SD dan bewawasan luas, maka guru SD perlu ditingkatkan kualitasnyasampai pada jenjang strata 1. Hal ini sejalan dengan SK Menpan No 26 tahun 1989 yang menetapkan bahwa jabatan guru merupakan jabatan fungsional. Untuk mengatasi berbagai perkembangan ke depan, maka program studi PGSD FKIP UNS merasa perlu meningkatkan penyelenggaraan pendidikan dari hanya menyelengarakna program studiPGSD jenjang D2, untuk memulai penyelngarakan Program Studi PGSD jenjang S1. Berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor: 013/Ban-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011 Program Studi PGSD FKIP UNS mendapat akriditasi “B”. Diharapkan dengan sudah terakriditasinya Prodi PGSD ini dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme calon guru SD.

B.     ORIENTASI PRGRAM STUDI

Berdasarkan pada standar kompetensi guru kelas (SKGK) SD lulusan S1 PGSD harus memiliki empat kompetensi yaitu: (1) Penguasaan bidang studi, (2) Pemahaman tentang peserta didik (3) Penguasaan pembelajaran yang mendidik, dan (4) Pengembangan kepribadian dan keprofesionalan. Kompetensi di atas dapat disejajarkan dengan: kompetensi pedagogik, kompetensi, kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Berdasarkan visi, misi, dan tujuan Program Studi PGSD FKIP UNS, kurikulum PGSD menekankan pada lulusan yang profesional berkarakter kuat dan cerdas dengan memiliki:

  1. Kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan social.
  2. Motivasi dan kemampuan untuk menyelesaina tugas – tugas perkuliahan di dalam proses pembelajaran
  3. Keberanian dalam mengungkapkan pendapat dan gagasan yang kreatif dan inovatif baik di dalam maupun di luar perkuliahan.
  4. Kemempuan untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang bermutu dan produktif.
  5. Kemempuan untuk memberikan layanan pendidikan yang dapat memenuhi kepuasan peserta didik.
  6. Kemempuan mengakses informasi pembelajaran bagi tercapainya proses pembelajaran yang inovatif.
  7. Kemempuan untuk menciptakan susasna akademik yang kondusif bagi berlangsungya proses pendidikan yang bermutu.

C.      KEUNGGULAN PROGRAM STUDI

Keungulan yang dimiliki Prodi PGSD FKIP UNS yaitu mampu mengembangkan potensi secara mandiri dalam kearifan local ke tingkat nasional dan internasional. Untuk menambah kompetensi mahasiswa diberikan mata kuliah pilihan sebgai penunjang tugas daerah. Mata kuliah ini bebas dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minat dan bakatnya diantara mata kuliah pilihan yang yaitu kebudayaan jawa (2 SKS), keterampilan Musik (2 SKS), Keterampilan Membatik (2 SKS), Seni tari (2 SKS), dan Seni karawitan (2 SKS). Keungulan laian dari Prodi PGSD FKIP UNS berupa pelayanan kepada mahasiswa berupa bimbingan dan konseling , pengembangan minat dan bakat (ekstrakulikuler) berupa Pramuka, Bola Voli, Karawitan Kesenian, pembinaan soft skiil, bantuan beasiswa, dan unit pelayanan kesehatan (medical center). Untuk meningkatkan ketrampilan mengajar PGSD FKIP UNS berkerja sama dengan lembaga-lembaga mitra, yang tertuang dalam bentuk Mou (memorandum of Understanding). Hingga saat ini PGSD sudah berkerja sama dengan lebih dari 35 SD yang ada di daerah Surakarta dan sekitarnya. Hasil dari pengembangan minat dan bakat mahasiswa, diperlukan hasil berupa presentasi mahasiswa pada beberapa perlombaan tingkat regional dan daerah.

D.      PROSPEK LULUSAN

Untuk melacak pekerjaan dan daya serap alumni program studi PGSD menggunakan studi pelacakan (tracer study) melalui legalisir on line dan peremuan rutin dengan alumni. Berdasarkan angket hasil kinerja dari 100 orang lulusan PGSD FKIP UNS oleh pihak pengguna sebesar 84% menyatakan lulusan PGSD sudah baik. Sedangkan berdasarkan hasil tracer study 100% lulusan PGSD bekerja sebagai guru di sekolah dasar baik negeri maupun swasta.

Leave a Comment