PAMERAN SENI RUPA PGSD FKIP UNS

“KAYON”

PAMERAN SENI RUPA BENGKEL SENI RUPA PGSD FKIP UNS

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) bekerjasama dengan Himpunan

pameran

Mahasiswa (HIMA) PGSD FKIP UNS akan menyelenggarakan pameran seni rupa yang bertajuk “KAYON”. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Kamis-Minggu tanggal 4-7 April 2013 di Taman Budaya Jawa Tengah di Surakarta. Pameran akan dibuka oleh Dekan FKIP UNS, Prof. Dr. M. Furqon Hidayatullah, M.Pd., pada Kamis, 4 April 2013 pukul 13.00 WIB. Pembukaan pameran akan dimeriahkan oleh orkes keroncong, akustik dan paduan suara PGSD FKIP UNS.

Kayon dipilih sebagai tema dari event perdana ini, karena dunia pedalangan mengenal Kayon sebagai boneka wayang yang multifungsi. Kayon hadir sebagai pembuka pertunjukan pakeliran, penanda pergantian adegan, penanda pergantian pathet¸ penanda situasi tertentu, maupun penanda berakhirnya pertunjukan. Seperti halnya Kayon dalam dunia pedalangan, pameran seni rupa yang pertama bagi dosen dan mahasiswa PGSD FKIP UNS ini merupakan “pembuka” atau langkah awal dalam mengapresiasi seni, khususnya seni rupa, yang lebih kreatif, inovatif dan edukatif.
Pameran ini merupakan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa PGSD FKIP UNS, karena di dalamnya akan ditampilkan berbagai karya seni rupa dari dosen dan mahasiswa. Hal ini menjadi salah satu simbol keselarasan dan keharmonisan yang dibangun di lingkungan kampus. Dengan diadakannya pameran seni rupa ini, diharapkan mampu menggali kreatifitas mahasiswa, dosen serta masyarakat pada umumnya. Diharapkan pula agar karya-karya dari mahasiswa dan dosen-dosen PGSD dapat lebih mudah dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat luas sebagai hasil pengembangan ide kreatif yang bernilai estetis dan edukatif. Tak lupa dari kegiatan ini diharap kita dapat menelaah nilai-nilai kearifan lokal sebagai pijakan membentuk pribadi generasi muda yang cerdas dan berkarakter yang bersumber dari nilai-nilai budaya nusantara.

This entry was posted in Agenda Prodi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *